17
Jan
09

PENGARUH KARBIT TERHADAP PEMATANGAN BUAH PISANG

PENGARUH KARBIT TERHADAP PEMATANGAN BUAH PISANG. Buah pisang, terutama yang matang, memiliki beberapa kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, beberapa vitamin (A,B1, B2 dan C), zat besi, dan niacin. Kandungan mineralnya yang menonjol adalah kalium (Wirakusumah, Emma S, 1977).
Zat-zat tersebut sangat diperlukan dalam tubuh manusia. Bukan itu saja, pisang termasuk buah yang murah-meriah dan mudah didapat sepanjang tahun. pemasakan yang lebih cepat, yakni menggunakan karbit (kalsium karbor). Jangankan buah pisang yang umurnya tua, pisang yang umurnya masih tergolong muda (belum siap panen) pun akan segera matang walau dari sisi aroma atau rasa kurang nyaman. Dengan karbit, ibu-ibu merasa senang karena pisangnya cepat matang dengan warna yang sama dengan proses pematangan secara alami atau matang di pohon. Tetapi, pisang yang matang karena dikarbit cepat membusuk. Karbit yang sehabis dipakai akanSetelah kulit pisang yang dimatangkan dengan karbit dijadikan makanan ternak, ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan ternak itu. Ternak menjadi sakit. Bagaimana dampaknya terhadap kesehatan manusia yang mengkonsumsi pisang karbitan, tampaknya masih perlu penelitian lebih jauh. merusak lingkungan jika dibuang begitu saja di sembarang tempapengaruhnya terhapat proses pembusukan.
Dari penelitiannya diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pisang yang dimatangkan dengan karbit paling cepat (tidak sampai tiga hari) matangnya, tetapi proses pembusukannya pun paling cepat.

BUAH PISANG

PENGARUH KARBIT TERHADAP PEMATANGAN BUAH PISANG

Karbit atau Kalsium karbida

SUMBER “LUPA” GOOGLE MUNGKIN YACH…

About these ads

7 Responses to “PENGARUH KARBIT TERHADAP PEMATANGAN BUAH PISANG”


  1. 1 anty
    October 24, 2009 at 12:59 pm

    tolong dong kasih info dampak buruk karbid untuk kesehatan manusia…
    karena masyarakat ind sendiri yang notabene banyak ibu-ibu yang belanja di pasar…banyak yang membeli buah2an untuk dikonsumsi anggota keluarganya tiap hari. biar bisa waspada gitu lhohhhh.
    thank’s

  2. 2 Bambang Sartono
    December 29, 2009 at 12:12 pm

    Ini menurut Ahli Pasca Panen dari Unbraw :
    Pisang dan buah sejenis, proses matang secara alamiah berproses kimiawi. Karbohidrat dalam kandungan daging buahnya berubah menjadi glukosa,yang membuat rasa manis dan melunak.
    Proses tersebut menghasilkan Gas Etilen. Gas ini merambat dari molekul satu ke yang lainnya membuat sekitarnya jadi matang pula.
    Hal ini yang menjadi dasar memberi Kalsium Karbit ( Calcium Carbide),digunakan untuk membantu proses pematangan.
    Kalsium karbit,kita sebut karbit saja,bila kena air atau uap air akan menghasilkan Gas Asetilin.
    Gas ini dalam struktur kimianya serupa dengan Etilen alami. Karena dipenuhi dengan Gas Asetilin inilah,buah akan berfermentasi serentak menjadi matang. Betul,apabila buah kurang matang akan tidak semanis yang matang,karena kandungan Karbohidrat – Zat Pati nya masih kurang. Gas asetilin karena ringan akan terbang dan tercampur dengan udara.
    Bahaya yang ditimbulkan sampai sekarang belum ada bukti yang nyata,semuanya hanya berdasarkan asumsi tanpa bukti ilmiah.
    Pematangan buah dengan cara ini lebih sehat daripada dipakai Bahan Kimia Cair yang mengandung Etilen yang bercamour pospor. Phospor campuran ini ternmasuk bahan yang sangat beracun,lagipula aplikasinya dengan cara disemprotkan kekulit buahnya.

  3. February 10, 2010 at 3:50 am

    waah terimakasi infonya…. kalo punya link blog taruh aja sekalian gapapa kok..

  4. 4 hariyati putry
    April 25, 2010 at 1:41 pm

    kalo proes pangkarbitan pd buah mangg gimana???????????
    toloong dong

  5. April 29, 2010 at 12:32 pm

    maksudnya apa neeh??? proses caranya atau proses terjadinya…. buat referensi kamu tak kasih link neh…
    http://www.sinartani.com/buahsayur/merekayasa-kematangan-buah-dengan-pemeraman-1252907665.htm sapa tahu membantu.. dari pada aku cerita lagi mending yang sudah ada.. hehehe……. trims telah berkunjung….

  6. 6 dewi
    February 18, 2011 at 7:38 am

    emang sejarahnya gimana sih.,.
    ko’ orang2 pada pake’ karbit?

  7. June 27, 2013 at 11:13 pm

    They include a safe, fridge and en suite bathrooms.
    Soak inside the vibrant atmosphere even as
    cruise around fishing villages, or ingest things in your own pace inside a kayak.
    Sharing bed with parent will likely be charged 50% the adult tour price.
    Halong bay tours were created in a way concerning allow you to maximize within the Halong bay trips.
    Obviously the waste beach straight out front of person resorts are better kept as
    opposed to more deserted stretches.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 150,215 hits

MY PERSONAL LINK

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: