10
Nov
08

MULTIPLE REGRESI(ANALISIS REGRESI)

Analisis Regresi bermanfaat untuk menghitung persamaan regresi linear sederhana dan berganda, asosiasi statistik beserta scatter plot, diagnosa colinearitas, harga prediksi dan residual.

Linear Regression digunakan untuk melakukan pengujian hubungan antara sebuah variabel dependent (tergantung) dengan satu atau beberapa variabel independent (bebas) yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Jika variabel dependent dihubungkan dengan satu variabel independent saja, persamaan regresi yang dihasilkan adalah regresi linear sederhana (linear regression). Jika variabel independent-nya lebih dari satu, maka persamaan regresinya adalah persamaan regresi linear berganda (multiple linear regression).

Jenis data yang cocok untuk uji regresi linear, baik untuk variabel dependent maupun independent adalah data rasio. Namun dapat juga dengan data berbentuk kualitatif (kategori), tetapi harus dibantu dengan variabel boneka (dummy variabel). Misalnya untuk membedakan jenis kelamin, laki-laki diberi kode angka “1″ dan wanita angka “2″.

Persamaan regresi yang dihasilkan berupa taksiran (estimasi) dari hasil pengamatan. Oleh karena itu, biasanya digunakan simbol Ŷ (Y dengan topi) yang menunjukkan hasil taksiran tersebut dan membedakannya dengan Y (Y tanpa topi) sebagai hasil pengamatan populasi.

Adapun rumus Regresi Sederhana adalah:

gfdfgfdg

Sebelum uji regresi dilakukan, terlebih dulu harus dilakukan uji keberartian masing-masing koefisien regresi, apakah regresi itu linear atau tidak. Jika tidak linear,maka pengujian bisa dilakukan dengan model lainnya.Untuk mempermudah melihat apakah model ini linear atau bentuk lainnya, dapat dibantu dengan melalui diagram pencar (scatter plot). Secara kasat mata akan tampak kecenderungan hubungan linear antara nilai-nilai statistik tersebut.

Selain itu, dalam aplikasi SPSS, dikenal adanya istilah “koefisien korelasi” (r). Harga koefisien korelasi digunakan untuk pengecekan awal apakah benar ada kecenderungan hubungan yang erat antara variabel bebas dan terikat, dan bagaimana bentuk kecenderungan hubungan tersebut. Jika hasil r sama dengan nol, atau mendekati nol, mungkin bentuk kecenderungan hubungan tidak linear.

Selanjutnya, untuk pengujian signifikansi pada masing-masing hubungan dalam regresi akan dilakukan melalui uji t. Kita dapat menarik kesimpulan akan harga regresi tersebut melalui perbandingan nilai t hitung dengan t tabel pada taraf signifikasi tertentu.Untuk pengujian terhadap Multiple Regression dapat digunakan uji F.

About these ads

8 Responses to “MULTIPLE REGRESI(ANALISIS REGRESI)”


  1. 1 tia
    March 2, 2009 at 3:20 am

    dalam regresi ada istilah Best Linier Under Estimate (BLUE) syarat2nya apa aja n tlong jelasin tentang asumsi klasik dong….
    trima kasih…

  2. May 6, 2009 at 4:39 am

    salam kenal…
    link exchange ya

  3. May 8, 2009 at 11:34 pm

    lam knl jua… oke.

  4. 4 lana statunpad08
    March 21, 2010 at 7:42 pm

    maaf mas itu rumus persamaan regresi untuk persamaan b nya salah.. mestinya di penyebutnya itu sigma x dikali sigma y bukan sigma x dikali sigma xy

  5. April 15, 2010 at 1:40 pm

    ah, thanx koreksinya… :-)… aku suka yang kayak gini, jadi aku harus bisa lebih teliti lagi hehehe:-)

  6. 6 usman
    July 19, 2010 at 3:19 am

    salam kenal,

    hi ini usman

    mau tanya dong, untuk analisis regresi sederhana apa kah bisa signifikansi pakai uji t,

    kalau bisa boleh minta tolong rumus dan cara perhitungan manuaknya nya yaaa

    thx big

  7. October 5, 2010 at 12:56 pm

    haduh… aku lupa, uda lama ga main yang statistika;;; tapi seingetku bisa qo….

  8. 8 septi
    November 29, 2011 at 12:28 am

    bagaimana sich trik khusus supaya dalam penyelesaian analisis regresi kita jadie tepat,cepat,benar?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 145,044 hits

MY PERSONAL LINK

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: