01
Dec
08

vmware sebagai virtualisasi

APASIH VMWARE ITU?? VMware adalah suatu software aplikasi virtualisasi PC dalam komputer kita. Sehingga komputer kita dapat dibuat seakan-akan memiliki dua buah PC, dua buah sistem operasi, meski aslinya kita hanya punya satu buah PC dan satu buah sistem operasi. Software ini sangat bermanfaat, terutama bagi yang belajar Jaringan Komputer, kemanan, atau bagi yang ingin belajar sistem operasi lain tanpa khawatir masalah partisi hard disk.

dengan vmware, kita dapat menginstall windows didalan linux, ataupun sebaliknya, bahkan mac os pun dapat kita coba dan kita otak atik dengan adanya aplikasi vmware ini.

menginstall VMware biasanya diawal-awal kita membuat virtual machine yang baru, kita akan diminta menentukan ukuran Hard Disk yang hendak kita pakai. misal DISET 2 GB. Saat kita melakukan instalasi, cukup untuk sekedar install sistem operasi dan aplikasi-aplikasi YANG standar. Cuma seiring perjalanan waktu, biasanya kita akan segera kehabisan space HD kita karena kita set terlalu kecil. Masalahnya, VMware tidak memungkinkan kita untuk memperbesar ukuran hard disk begitu sudah kita set sejak awal. tentunya ada trik-trik tersendiri untuk masalah itu(lihat daftar pustaka). Dan masih banyak lagi kelebihan virtualisasi menggunakan vmware.

daftar pustaka

http://andri.cisco.or.id/blogs/2006/09/27/memperbesar-kapasitas-hard-disk-di-vmware/


0 Responses to “vmware sebagai virtualisasi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 168,765 hits

MY PERSONAL LINK

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d bloggers like this: