16
Jan
09

ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL (PART 1)

ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL

M. Suyanto

www.msuyanto.com

Hasil dari analisis lingkungan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatan atau keunggulan perusahaan itu meliputi keunggulan pemasaran, keunggulan sumberdaya manusia, keunggulan kuangan, keunggulan operasi dan keunggulan organisasi dan manajemen.

Kekuatan dan kelemahan Pemasaran dapat dilihat dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, keanekaragaman produk, merek produk, kemasan produk, model produk, ukuran produk, garansi produk, kualitas pelayanan, efektifitas penetapan harga, efektifitas distribusi, efektifitas promosi, kekuatan penjualan, efektifitas inovasi dan cakupan geografis.

pusat

Pusat Kendali Dunia dari Akamai

Akamai Technologies menampilkan reputasinya dalam menyediakan pelayanan terhadap isi dan aplikasi online secara global dengan menyebutkan perusahaan yang telah ditanganinya, mulai dari Air Bus, BMW, Cthay Pacific, FedEx, General Motor, Harley Davidson, IBM, L’Oreal, MTV, Qantas, Reebok, Sony, Yahoo dan sebagainya. Perusahaan ini akhirnya dinobatkan sebagai perusahaan yang pertumbuhaannya paling cepat di dunia.

joget

Karyawan Googel sedang berjoget

Kekutanan dan kelemahan sumberdaya manusia dapat ditunjukkan dari manajemen sumberdaya manusia, ketrampilan dan moral karyawan, kemampuan dan perhatian manajemen puncak, produktivitas karyawan, kualitas kehidupan karyawan, fleksibilitas karyawan, ketaatan hokum karyawan, efektivitas imbalan dalam memotivasi karyawan, dan pengalaman karyawan.

climbing

Panjat dinding

Google merupakan perusahaan peringkat pertama Companies to Work For, membuat karyawannya bekerja di kampus dengan nuansa pegunungan seperti di perguruan tinggi yang penuh imajinasi. Karyawan merasa senang bekerja di Google, karena dapat berjoged, berolah raga, bermain voli pantai, panjat dinding, main bilyard, berenang, bersantai di kursi pijat dan sebagainya.

pool

Karyawan sedang bermain bilyard

nyante

Bersantai di kursi pijat

Cara seperti itulah yang membuat mereka kreatif sebagai keunggulan dari sumberdaya manusia di Google.

Kekuatan dan kelemahan keuangan dapat dilihat dari ketersediaan modal, arus kas, stabilitas keuangan, hubungan dengan pemilik dan investor, kemampuan berhubungan dengan bank, besarnya modal yang ditanam, keuntungan yang diperoleh (nilai saham), efektivitas dan efisiensi sistem akuntansi untuk perencanaan biaya-anggaran dan keuntungan dan sumber tingkat perusahaan.

gate

Bill Gates

Microsoft Corp. memperoleh pendapatan $14,40 milyar pada 31 Maret 2007, meningkat 32 % dibanding periode pada tahun sebelumnya. Keuntungan operasionalnya $6,59 milyar dan keuntungan bersihnya $4,93 milyar. Peningkatan nilai per sahamnya meningkat 72%. Peluncuran Windows Vista merupakan salah satu daya tarik untuk meningkatkan nilai keuangan Microsoft. Dengan posisi keuangan seperti itu, Microsoft menempati peringkat empat dari perusahaan yang dikagumi dunia dari sisi keuangan.

Kekuatanan dan kelemahan Operasi meliputi fasilitas perusahaan, skala ekonomi, kapasitas produksi, kemampuan berproduksi tepat waktu, keahlian dalam berproduksi, biaya bahan baku dan ketersediaan pemasok, lokasi, layout, optimalisasi fasilitas, persediaan, penelitian dan pengembangan, hak paten, merk dagang, proteksi hokum, pengendalian operasi dan efisiensi serta biaya-manfaat peralatan.

General Electric yang mempunyai komitmen Integrity, Governance, Social Performance, Environtment, Health and Safety, Quality dan Innovation menggunakan keunggulan operasi dalam isi situs webnya. Kita adalah perusahaan yang Integrity, perusahaan yang standar, yang mempunya reputasi dalam melaksanakan bisnis terhormat dan handal. Perubahan dalam corporate governance dirancang untuk memberikan tekanan pada kesalahan direksi dari manajemen dan melayani secara menarik dalam jangka panjang pemilik, karyawan dan pihak-pihak yang berkepentingan. Operasi bisnis dikelola untuk jangka panjang, dengan komitmen untuk social performance dihidupkan dan diperbaiki setiap hari. Menjaga karyawan safe pada pekerjaan, baik bertetangga tehadap komunitas tempat kita berbisnis dengan menggunakan aturan, hukun lingkungan, menyelesaikan isu kontaminasi histories secara kooperatif dan menyeluruh.

akhirr

Penerapan Six Sigma pada pembuatan Turbin

Kesuksesan dengan Six Sigma melebihi prediksi paling optimis kita, berfokus pada pelanggan, filosofi dikendalikan oleh data dan penerapannya terhadap sesuatu yang kita kerjakan. Ketidakterbatansan perusahaan di masa yang akan dating diperlihatkan oleh serangkaian inovasi, produk dan jasa dengan teknik tingkat lanjut yang dikembangkan oleh bisnisnya, setelah wawancara secara ektensif dengan pelanggan untuk menyesuaikan dengan standar Six Sigma dari kualitas dan kinerja tanpa kecuali.

Kekuatan dan kelemahan organisasi dan manajemen dapat diperoleh dari struktur organisasi, citra dan prestasi perusahaan, catatan perusahaan dalam mencapai sasaran, komunikasi dalam organisasi, sistem pengendalian organisasi keseluruhan, budaya dan iklim organisasi, penggunaan system yang efektif dalam pengambilan keputusan, sistem perencanaan strategic, sinergi dalam organisasi, sistem informasi yang baik dan manajemen kualitas yang baik. Yahoo dalam membangun keunggulan organisasi dengan menanamkan nilai-nilai perusahaan, yaitu Excellenc, Innovation,Teamwork,Customer Fixation,Community and Fun. Kita berkomitmen untuk menang dengan integritas. Kita memperlakukan satu dengan yang lainnya dengan rasa hormat dan berkomunikasi secara terbuka. Kita berkembang pesat bersandar pada kecerdikan dan kreativitas. Kita menghormati pelanggan di atas segalanya dan kita tidak pernah lupa atas kedatangan pelanggan untuk memilih kita. Kita berkomitmen untuk melayani baik komunitas internet maupun komunitas milik kita. Kita percaya bahwa humor merupakan perasaan untuk meraih sukses.

…….THANX PAK YANTO…..


1 Response to “ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL (PART 1)”


  1. June 12, 2013 at 3:10 pm

    Good post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon everyday.
    It will always be useful to read through content from other authors and
    use a little something from their web sites.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 168,765 hits

MY PERSONAL LINK

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: