16
Jan
09

MIMPI DAN IMAJINASI

MIMPI DAN IMAJINASI

M. Suyanto

www.msuyanto.com

Mimpi adalah bayangan peristiwa atau apa saja yang tampak dalam tidur. Bermimpi adalah melihat sesuatu dalam tidur atau menghayal sesuatu yang tak mungkin tercapai. Tetapi sekarang dapat kita definisikan bermimpi adalah menghayal sesuatu yang masih mungkin tercapai meskipun belum ada gambaran bagaimana cara mencapainya atau sangat sulit mencapainya. Sedangkan Imajinasi adalah daya khayal atau khayalan atau fantasi. Pada dasarnya mimpi dan imaginasi adalah khayalan.

Menurut Gary Hammel dan C.K.Prahalad, mimpi dan imaginasi merupakan sumber energi yang menggerakkkan sebuah kekuatan organisasi. Dalam literatur manajemen mimpi dan imajinasi disebut sebagai visi. Motorola bermimpi untuk membuat dunia tanpa kabel, telepon tidak dicantolkan pada tempat dan semua manusia akan mengantongi telepon portabel.

Bill Gates bermimpi “Sebuah komputer di atas setiap meja kerja di setiap rumah, menjalankan perangkat Microsoft”. Maka setelah Bill Gates menciptakan MS-DOS, ia membuat sistem operasi Windows seperti halnya rumah menggunakan jendela (window) yang menyebabkan Bill Gates menjadi entrepreneur terkaya di dunia. Tidaklah benar benar bahwa hanya

wong-1

Bill Gates semata yang berperan dalam menempatkan PC di kantor-kantor dan di rumah-rumah di seluruh dunia, tetapi Bill Gates mampu bermimpi dan berimajinasi untuk melihat apa yang mungkin dan keinginan untuk mengubah mimpi dan imajinasi tersebut menjadi kenyataan.

Thomas Watson Sr. mengganti nama perusahaan Computing Tabulating Recording Company menjadi International Business Machine (IBM), meskipun pada saat belum beroperasi secara internasional, tetapi Thomas Watson mempunyai mimpi bahwa perusahaan tersebut di kemudian hari menjadi perusahaan yang beroperasi secara internasional. Ketika Watson menamai International Business Machine (IBM) banyak orang ketika itu mentertawakannya. Bahkan ada yang bilang bahwa Watson memberi nama tersebut terlalu membesar-besarkan perusahaannya. Tetapi sekarang IBM merupakan perusahaan modern dan para manajernya menjadi model peranan utama dengan setelan baju putih, dasi polos, semangat menjual yang luar biasa.

wong-loro1

Di belakang stereotip itu terdapat keyakinan untuk bersaing dengan penuh semangat dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Para pesaingnya mengeluh bahwa nama besar IBM-lah yang membuat perusahaan ini memenangkan tender. Ini tidak sepenuhnya benar. Nama besar IBM mencakup komitmen mendalam untuk memenuhi keinginan pelanggan, memberikan layanan dan membangun hubungan. Pada tahun 2003 ini IBM terpilih sebagai Perusahaan Komputer yang paling mengagumkan dunia versi majalah Fortune.

wonk-3

Jeff Bezos merupakan pendiri Amazon.com, yang pada awalnya hanya merupakan toko buku.. Mengapa ia menamakan perusahaannya dengan Amazon ?. Karena “sungai Amazon merupakan sungai terbesar di dunia” kata Jeff Bezos. Bagaimana dengan sungai Nil ?. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, jika dibandingkan dengan Sungai Amazon volume airnya hanya merupakan anak sungai Amazon. Sungai Amazon memuat 20 % air bersih dunia, maka Jeff Bezos bermimpi tentang perusahaannya kelak menjadi perusahaan yang menguasai 20 % pasar dunia. Amazon.com yang membuka situs E-Commernya pada bulan Juli 1995, bermula dari toko buku kemudian meluas ke compact disk (CD) kemudian ke lelang dan sekarang ribuan produk yang berbeda dan pedagang yang berbeda. Pada tahun 1996 dapat menjual 15,7 juta dolar dan melonjak menjadi 600 juta dolar pada tahun 1998. Amazon.com dilaporkan pada tanggal 1 November sampai 23 Desember 2002, konsumen yang melakukan order di seluruh dunia 56 juta item sehingga menjadi toko online terbaik tahun 2002 versi majalah Yahoo.

Ketika Primagama masih kecil, yang dimulai dari dua siswa dan kemudian tiga tetangga kita suruh untuk ikut Primagama secara gratis, sehingga siswanya menjadi lima orang. Pak Purdi berkata kepada saya “Pak Yanto besok yang mendaftar Primagama itu seperti yang mendaftar masuk PTN”. Saya yakin jika Anda ada di sebelah saya, Anda akan tersenyum sinis. Tetapi bagi Primagama itu merupakan mimpi dan imajinasi sekaligus merupakan do’a. Primagama mimpinya juga tergambar pada logonya. Kalau Universitas Gadjah Mada menggunakan Mahkota Gadjahmada, Primagama menggunakan Mahkota Sutan Agung yang berarti bermimpi besar seperti Sultan Agung dapat menguasai Jawa. Menguasai Jawa berarti menguasai Indonesia. Sekarang Primagama dengan 264 cabang di seluruh Indonesia dengan jumlah 112.000 siswa menjadi Bimbingan Tes terbesar di Indonesia versi Musium Rekor Indonesia (MURI), maka mimpi Pak Purdi tersebut mulai terbukti.

Ketika saya bersama kawan-kawan mendirikan AMIKOM Yogyakarta, saya bermimpi yaitu 10 tahun yang akan datang menjadi Perguruan Tinggi Komputer terbaik di Indomesia. Barangkali orang yang melihat gedungnya seperti rumah, karena memang rumah, maka orang akan mentertawakan dengan sinis. Tetapi sekarang dengan mahasiswa 4219 orang dan Program Diploma III jurusan Manajemen Informatika terakreditasi “A”, yang pertama di Indonesia dengan gedung cukup megah dan ber-AC, yang dahulu tertawa sinis akan berubah tertawa tidak sinis lagi, bahkan ada yang tertawa karena kagum.Memanglah mimpi dan imajinasi seorang entrepreneur kadang-kadang ditertawakan oleh orang lain, karena keanehannya. Tetapi sesungguhnya mimpi dan imajinasi tersebut merupakan doa. Cara terbaik untuk mengelola mimpi dan imajinasi adalah menciptakan mimpi dan imajinasi itu sendiri dan berusaha mengejarnya.


0 Responses to “MIMPI DAN IMAJINASI”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 168,765 hits

MY PERSONAL LINK

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: