23
Feb
09

Pengantar DNS

DNS atau Domain Name System adalah ”Distribute Database System” yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan protokol TCP/IP. DNS merupakan sebuah aplikasi services yang biasa digunakan di Internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah Domain Name ke IP address. Mengapa menggunakan DNS?? Salah satu diantaranya adalah karena sebuah keterbatasan, keterbatasan apa??? Tak lain adalah keterbatasan daya ingat manusia, contohnya manusia lebih dapat mengingat DNS seperti amikom.ac.id dari pada mengingat ip address dari amikom 202.91.9.7 atau singkatnya (amikom.ac.id vs 202.91.9.7) mana yang lebih mudah diingat??.

Dan DNS biasanya ditabelkan di komputer masing-masing untuk kebutuhan lokal saja, kenapa di kebutuhan lokal saja?? Karena, sistem tabel hanya dapat digunakan untuk jumlah mesin (komputer) yang ditabelkan tidak terlalu banyak. ketika komputer semakin banyak sistem tabel di komputer kita akan mengalami keterbatasan dalam meng-entry semua nama domain dan penndataan semua IP di tiap komputer yang ada di jaringan karena teknologi internet terus berkembang dan jumlah host semakin bertambah otomatis data di tabel akan semakin besar tentunya akan merepotkan jika menginputkan secara manual, jika kita tidak dapat meng-update terus menerus di komputer client maka akan susah juga jika komputer client ingin mengetahui ip yang dituju ketika terhubung ke internet. Harus ada solusi yang bisa membantu komputer client, agar tahu berapa no IP Address komputer tujuan, meng-konversi tabel IP Address menjadi Domain Name agar mudah di ingat. Dan membuat Domain Name System di komputer Server, agar semua komputer client bisa merujuk ke komputer tersebut untuk mencari referensi IP Address komputer tujuan.

dns_server

Ketika komputer client mencari komputer lain (X) dijaringan berbeda & tidak tahu berapa nomor IP Address-nya, maka komputer Client membutuhkan pertolongan komputer DNS Server untuk memberi tahu berapa nomor IP Address komputer X berdasarkan nama domain yang kita kirimkan ke komputer DNS Server.


Singkatnya cara kerja DNS adalah memetakan nama komputer menjadi IP address.Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers.

cara_kerja_dns

Prinsip kerja DNS

  • Resolvers (client) mengirimkan queries ke name server.
  • Name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya, jika ditemukan akan diberitahukan ke resolvers jika tidak akan mengirimkan failure message.
  • Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diberikan name server .

Resolvers (komp. Client) menjawab permintaan user yang ingin mencari informasi pada komputer lain di jaringan, dengan menghubungkan diri ke komputer tujuan, namun sebelum ke komputer tujuan terlebih dahulu melihat isi cachenya sendiri (apabila pertanyaan tersebut pernah ditanyakan dan jawabannya disimpan dalam cache miliknya), lalu bertanya / query kepada DNS server lokal serta menginterpretasikan hasilnya.

prinsip_kerja_dns1

Berikut ini beberapa keunggulan dari DNS :

Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name (nama Komputer).

Konsisten, IP address sebuah komputer bisa saja berubah, tapi host name tidak harus berubah.

Simple, user hanya menggunakan satu nama untuk mencari nama domain baik di Internet maupun di Intranet, meskipun ada banyak mirror server yang digunakan.


DNS LANJUTAN

STRUKTUR DAN JENIS DOMAIN NAME



Edited by great_desert
Source from
“Melwin Syafrizal Daulay, S.Kom – Mei 2007”
Original File from: Budi Rahardjo
http://www.idnic.net.id
NICE – Jakarta 2004


2 Responses to “Pengantar DNS”


  1. 1 omar
    July 8, 2009 at 1:57 pm

    facebook saya tiba2 error tidak bisa dibuka dan ada tulisan DNS failure???
    apakah penyebabnya dan bagaimanakah solusinya?
    saya log in facebook lewat hape (m.facebook.com) tidak bermasalah.
    namun jika dari PC saya bermasalah DNS failure tersebut.
    mohon kerja sama nya

  2. August 9, 2009 at 4:17 am

    waduh, kaga dijelasin… bagaimana koneksi kamu lewat warnet ato koneksi sendiri… biasannya service layer kamu ada yang kesetop ato error…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 168,765 hits

MY PERSONAL LINK

February 2009
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

%d bloggers like this: