01
Jun
09

Menghilangkan Kecanduan

Untuk menghilangkan kecanduan bagi sebagian orang sulit untuk menghilangkanya, karena menghilagkan kecanduan terhadap sesuatu yang bikin ketagihan adalah sesuatu hal yang membutuhkan kesabaran dan kemauan keras untuk menjalankanya. Tapi bagiku ada trik tersendiri untuk menghilangkan kecanduan terhadap sesuatu itu. Dalam artikel ini aku akan bagi-bagi trik untuk menghilangkan kecanduan terhadap sesuatu hal yang ingin dihilangkan. Tips ini sudah aku jalani dan sudah terbukti ampuh. Sebenarnya tips ini sudah aku jalani secara tidak sengaja.

Memang kecanduan tidak bisa di hilangkan 100%( seratus persen), tapi bila ada kemauan yang kuat pasti bisa dihiangkan 100 %, begitu pula dalam tips ini. Pada intinya untuk menghilangkan kecanduan adalah dengan membuat kita kecanduan dengan hal yang lain. Artinya kecanduan memang tidak dapat dihilangkan, tapi dapat dialihkan, he… he… he…. mirip hukum kekekalan energi khan??. Dan yang saya alami adalah sebagai pecandu rokok. Bagi orang yang pecandu rokok ini tips yang sangat ampuh. Tapi dalam pantangan ini adalah jangan sekali-kali ketika mengalihkan kecanduan itu adalah jangan disambi dengan kecanduan yang ingin kita hilangkan. Kita harus bisa membatasi keinginan untuk menghilangkan kecanduan itu. Misalnya kita memilih menghilangkan kecanduan rokok dengan menggantinya dengan bermain play station alias PS. Ketika kita bermain PS, jangan menyambi dengan merokok, karena hal itu akan meambah kecanduan kita menjadi dua hal, bukanya kecanduan rokok kita akan hilang malah akan bertambah.

Inti poinya adalah :

  1. pilihlah pengganti candu yang ingin dihilangkan menjadi kecanduan terhadap sesuatu yang positif, misalnya dengan sepak bola atau belajar. Dalam kisahku juga pernah mengalami kecanduan sepak bola. Untuk kisah saya terhadap candu rokok, miras, sepak bola, ps, dsb.

  2. jangan sekali-kali menyambi atau menyelingi candu yang ingin kita hilangkan dengan pengalih yang kita lakukan. Seperti contoh diatas, jangan menyelingi kecanduan rokok yang ingin kita hilangkan dengan bermain PS karena akan menambah candu kita terhadap sesuatu.

  3. memilih pengganti candu disarankan yang sekiranya dapat melupakan, melawan dan menghilangkan rasa/keinginan untuk melakukan candu yang ingin kita hilangkan. Misal menghilagkan candu rokok, tentunya untuk menghilangkan keinginan untuk merokok kita ganti dengan bermain PS, atau bermain yang lainya, sekiranya dapat menekan keinginan untuk merokok itu.

  4. memilih pengganti candu usahakan dengan hal yang positif, misalnya dengan belajar atau berolah raga.

  5. kemauan yang keras untuk menghilangkanya, sebenarnya sich tidak begitu penting dengan kemauan yang keras tapi hanya saja step by step untuk melupakan rasa keinginan untuk melakukan hal candu itu.

  6. hal yang perlu diingat adalah jangan menyambi atau menyelingi.

Keenam poin diatas adalah hal yang perlu diperhatikan untuk menghilangkan kecanduan. Tapi kemungkina itu adalah kecanduan kita beralih dengan kecanduan yang lain, seperti yang sudah saya alami di kisah saya ini. Semua keberhasilan tergantung step yang anda lakukan. Kedisiplinan adalah hal yang paling tepat untuk menerapkan tips ini.


2 Responses to “Menghilangkan Kecanduan”


  1. March 5, 2011 at 5:58 am

    thank’z buat tips’nya semoga dapat berguna,,

  2. March 28, 2011 at 6:57 am

    sama-sama… amien..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 168,765 hits

MY PERSONAL LINK

June 2009
M T W T F S S
« Apr   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d bloggers like this: